Mengembangkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Puzzel Edukatif-Interaktif

Authors

  • Ramlah Ramlah Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Nancy Riana Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2171

Keywords:

, Literasi Numerasi, Media Pembelajaran puzzle edukatif-interaktif, Anak Usia Dini.

Abstract

ABSTRACT

In the era of the industrial revolution 4.0,  literacy movement is still a very important concern in education sector. One of the literacy skills must be developed in early childhood is numeracy literacy in aspect of counting. Numeracy ability of early childhood has’nt been optimally developed. The application of educational-interactive puzzle learning media can be done by teachers and parents is an alternative to solve this problem. The purpose this activity to help teachers and parents in the Az-Zariyat environment of Pasirjengkol Village, Majalaya District, Karawang Regency in developing numeracy literacy skills in numeracy aspect of early childhood, through mentoring and training in making educational-interactive puzzle media. This service activity received very positive responses, this can be seen from the enthusiasm and active participation of the participants during activity. The level of satisfaction given by the participants was 87.5%. Participants gave the response “strongly agree” when educational-interactive puzzle media are applied to early childhood, to develop their numeracy literacy skills. In general, this service activity provides excellent feedback, and improves skills in using and making educational-interactive puzzle media for the participants. So, media can be implemented by teachers and parents to develop numeracy literacy skills arithmetic aspect of early childhood.

 

ABSTRAK

Pada era revolusi industri 4.0, gerakan literasi masih menjadi perhatian yang sangat penting dalam sektor pendidikan. Salah satu kemampuan literasi yang harus dikembangkan pada anak usia dini adalah literasi numerasi pada aspek berhitung. Kemampuan berhitung anak usia dini belum berkembang secara optimal. Penerapan media pembelajaran puzzle edukatif-interaktif yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua, menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk membantu para guru dan orang tua di lingkungan PAUD Az-Zariyat Desa Pasirjengkol Kecamatan Majalaya, Kabupaten Karawang dalam mengembangkan kemampuan literasi numerasi pada aspek berhitung anak usia dini, melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan media puzzle edukatif-interaktif. Kegiatan pengabdian ini memperoleh tanggapan yang sangat positif, hal ini terlihat dari antusias dan partisipasi yang aktif dari para peserta selama kegiatan berlangsung. Tingkat kepuasan yang diberikan oleh para peserta, yaitu sebesar 87,5%. Peserta memberikan tanggapan ‘sangat setuju’ bila media puzzle edukatif-interaktif diterapkan pada anak usia dini, untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasinya. Secara umum kegiatan pengabdian ini memberikan feed back yang sangat baik, dan meningkatkan keterampilan menggunakan dan  membuat media puzzle edukatif-interaktif bagi para peserta. Sehingga media tersebut dapat diimplementasikan oleh guru dan orang tua untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi pada aspek berhitung anak usia dini.

 

Author Biographies

Ramlah Ramlah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika 

FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

Jabatan Fungsional : Lektor

Nancy Riana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi PIAUD

Agung Prasetyo Abadi, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

Jagung: Asisten ahli

References

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Paud Dalam Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pkm: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(04), 366–371.

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Borzekowski, D. L. G., Lando, A. L., Olsen, S. H., & Giffen, L. (2019). The Impact Of An Educational Media Intervention To Support Children’s Early Learning In Rwanda. International Journal Of Early Childhood, 51(1), 109–126. Https://Doi.Org/10.1007/S13158-019-00237-4

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V3i3.28331

Dewi, R. K., Kamid, & Saharudin. (2019). Pemerolahan Pengetahuan Matematika Pada Anak Usia Dini. Edumatica, 09(1), 53–60.

Febrinasti, R., Armitha, A., & Sari, P. (2018). Pentingnya Literasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian C ( Tuna Grahita ). 1, 208–215.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. In Gerakan Literasi Nasional (Pp. 1–27).

Kurniawati, R. (2001). Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B. 24–25.

Latipah, N. (2018). Pembelajaran Ipa Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah, 1(2), 1–10.

Lubis, P. A., & Simanjuntak, J. (2020). Pengaruh Metode Bermain Peran ( Role Playing ) Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Kamal Laud Dendang. 5(2), 27–36.

Mahardikha, Asrori, M., & Yuniarni, D. (2013). Permainan Edukatif Dengan Media Puzzle Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Tk Islamiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10), 1–10.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. Https://Doi.Org/10.22236/Kalamatika.Vol4no1.2019pp69-88

Marlisa, L. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini., 1(3), 25–38.

Niswati, Za’imatun; Mustika, A. F. (2020). Pembuatan Dan Pelatihan Media Interaktif Mengenal Bentuk Pada Tk Fatahillah. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(04), 414–420.

Pambudi, D., Wulandari, A. N., & Sutopo. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru SD dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(5), 371–376.

Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.496

Sattriawan, A., Sutiarso, S., & Rosidin, U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Soft Skills Dalam Meningkatkan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 950–963.

Suarti, N. K. A. (2015). Bermain Puzzle Memupuk Sikap Kemandirian Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagody, 2(1), 13–21. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3044

Throndsen, J. E., Shumway, J. F., & Moyer-Packenham, P. S. (2019). The Relationship Between Mathematical Literacy at Kindergarten Entry and Public Preschool Attendance, Type, and Quality. Early Childhood Education Journal, (0123456789). https://doi.org/10.1007/s10643-019-01014-7

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut Pisa 2018 : Pengembangan Literasi Matematika Untuk. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Ramlah, R., Riana, N., & Abadi, A. P. (2023). Mengembangkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Puzzel Edukatif-Interaktif. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 185–196. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.2171

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.