Pengembangan UKMK dapur Jejama Melalui Implementasi Konten Social Media Marketing

Authors

  • Mahrinasari MS Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia
  • Nanda Destyana Suci Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia
  • Ghina Erza Fortuna Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia
  • Nadia Ayu Wulandari Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia
  • Kenny Abel Batara Barus Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia
  • Tri Agustam Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia
  • Muharrom Ainul Yaqin Program Studi Magister Manajemen, Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.4014

Keywords:

Pemasaran, Digital Marketing, Pelatihan Digital Marketing, UMKM, Media Sosial, Kuliner

Abstract

The rapid advancement of digital technology has profoundly impacted business operations, particularly for MSMEs. Digital innovations, such as digital media, have introduced new marketing trends, significantly influencing MSMEs' growth. This community service initiative aims to enhance digital marketing literacy among MSMEs and implement social media marketing strategies on platforms like Instagram and TikTok for Dapur Jejama, an MSME specializing in Lampung cuisine. The project utilizes observation, interviews, and literature studies to support its objectives. It encourages Dapur Jejama to adopt effective promotional strategies on digital platforms, particularly leveraging TikTok and Instagram, to enhance their visibility and sales effectiveness across various social media channels.

 

Kemajuan teknologi digital yang pesat telah berdampak signifikan pada dunia bisnis, terutama bagi UMKM. Inovasi teknologi digital, seperti media digital, telah memperkenalkan tren pemasaran baru yang berpengaruh besar terhadap perkembangan UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pemasaran digital bagi UMKM serta mengimplementasikan strategi pemasaran media sosial di platform seperti Instagram dan TikTok untuk UMKM Dapur Jejama, yang mengkhususkan diri dalam kuliner khas Lampung. Proyek ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi literatur untuk mendukung tujuannya. Ini mendorong Dapur Jejama untuk mengadopsi strategi promosi yang efektif di platform digital, terutama dengan memanfaatkan TikTok dan Instagram, guna meningkatkan visibilitas dan efektivitas penjualan mereka melalui berbagai saluran media sosial.

 

 

References

Agustinova, Danu Eko. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Calpulis, Yogyakarta.

Dima, Yustin, E., T dan Waja, M., A., S. 2022. “Peran UMKM Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 Di Kota Atambua ( Studi Kasus Home Industri Pembuatan Stik Berbahan Dasar Daun Kelor ).” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5(1):9–13.

Evans, D., Bratton, S., & McKee, J. (2021). Social media marketing. AG Printing & Publishing.

Wardana, dkk. (2020). Antologi Karya Perpajakan - Sebuah Persembahan Mahasiswa Jurusan Pajak. Deepublish, Sleman.

Apriwiyanti, Ika (2019). Pengaruh Pinjaman Modal dan Teknologi Terhadap Perkembangan UMKM Menurut Perspektif Ekonomi Islam di Kota Bandar Lampung. Skripsi Ekonomi Syariah UIN raden Intan Lampung

Purwidiantoro, Moch Hari., el.al. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1 Maret 2016 30 ISSN: 2503-3565 e-ISSN: 2503- 3689

Dwi Riyanto, Andi. (2021). We Are Social Hootsuite.https://datareportal.com/ reports/digital-2021-indonesia

Lisyawati, E. 2022. “Pembedayaan UMKM Melalui Penguatan Legalitas Usaha Di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):46–52.

Mustika, M. (2021). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics) Vol: 2(2), 165–171.

Nadiah, N., A 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Di Kota Makassar. Skripsi Program Studi Studi Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar

Pratama, A dan Anggraeni, R. 2019. Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Journal of Communication Empowerment Vol :1(1)

Downloads

Published

2024-04-20

How to Cite

MS, M., Suci, N. D., Fortuna, G. E., Wulandari, N. A., Barus, K. A. B., Agustam, T., & Yaqin, M. A. (2024). Pengembangan UKMK dapur Jejama Melalui Implementasi Konten Social Media Marketing. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 8(1), 203–210. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i1.4014

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.